infobatik.id

Batik Gumelem Klasik Motif Keong Mas

0 10

Batik Gumelem Klasik Motif Keong Mas

Batik Motif Keong Mas konon pembuatannya berdasarkan jumlah dari hewan melata ini yang cukup banyak ditemukan berada di sekitaran anak-anak sungai maupun di area persawahan. Hewan ini banyak ditemukan pada tempat yang terlindung maupun berlumut, karena keong sangat menyukai tempat atau daerah dengan keadaan yang lembab. Sebagian masyarakat menganggap hewan ini sebagai hama pada area persawahan yang harus dibasmi, tetapi sebagian dari masyarakat juga memanfaatkan hewan melata dan berlendir ini sebagai bahan yang diolah menjadi makanan. Keong Mas merupakan hewan yang mempunyai cangkang pada bagian punggungnya sebagai tempat untuk melindungi diri dari musuh. Hewan ini bergerak dengan sangat lambat dan apabila keamanannya terancam, maka keong ini akan langsung memasukkan badannya ke dalam cangkang yang sekaligus berfungsi sebagai rumahnya.

Ornamen Keong Mas digambarkan melalui bentuk yang cukup sederhana yaitu memanjang dengan ujung badan keong yang mengerucut seperti pada bentuk keong sesungguhnya. Ornamen keong ini juga memiliki cangkang sebagai rumah bagi keong untuk melindungi dirinya apabila keamanannya terancam, yang digambarkan dengan bentuk berbeda dari kaong aslinya, karena disini cangkang keong dibuat menyerupai bunga yang disusun berjejeran mengikuti bentuk badan keong, sehingga membentuk seperti setengah lingkaran. Selain ornamen keong mas, ada juga ornamen bunga dan dedaunan dengan berbagai macam variasi, yang bentuknya dibuat hampir menyerupai bentuk ornamen keong mas. Sebagian besar ornamen-ornamen yang dibuat pada motif ini bentuknya memang disesuaikan dengan ornamen dari keong mas, khususnya pada ornamen tumbuhan agar tercipta keserasian bentuk yang seimbang dan saling melengkapi, sehingga semua permukaan kain dapat tertutup dengan ornamen tanpa adanya ruang yang kosong.

Motif ini memberikan kesan yang ramai dan rumit karena banyaknya penggunaan ornamen, tetapi dengan penempatan dan warna yang telah dirangkai, menjadikan motif batik ini lebih memperlihatkan keindahan dari komposisinya. Warna yang digunakan pada motif batik ini adalah biru, hitam, merah, dan putih. Warna-warna ini digunakan secara merata sesuai dengan porsinya, sehingga membuat Motif Keong Mas semakin berwarna. Isen-isen yang digunakan pada motif ini adalah cecek, sawut, mata deruk, sisik, dan sisik melik.

Source Batik Gumelem Klasik Motif Keong Mas Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.