infobatik.id

Batik Depok Lambang Kota Depok

0 22

Kota Depok merupakan salah satu kota penyangga Ibu Kota Jakarta. Tak banyak orang yang mengetahui jika Depok memiliki motif batik yang memiliki berbagai makna. Batik Depok mulai berkembang lagi sejak tahun 2007 ketika Dekranasda Kota Depok mengadakan lomba desain batik khas Depok. Pada lomba tersebut banyak peserta yang ikut berpartisipasi hingga didapat ratusan desain, namun hanya sepuluh desain yang terpilih untuk didaftarkan agar mendapat hak paten.

Motif batik memiliki makna yang tentunya berbeda sesuai dengan kekhasan yang ingin ditampilkan. Umumnya motif dan corak Batik Depok mengandung simbol-simbol Kota Depok dan ikon Kota Depok. Seperti, motif ikan hias (manfish), yang memang khas berasal dari Kota Depok utamanya di daerah Kecamatan Sawangan.

Kekhasan Batik Depok didominasi oleh simbol-simbol Kota Depok seperti lambang Kota Depok Paricara Dharma, Gong si Bolong, Topeng Cisalak, tanaman hias, ikan hias, dan lain sebagainya. Bila dilihat dari segi warna dasar, semua motif batik mengandung unsur warna kuning keemasan, merah marun, oranye, biru, dan biru tua, yang melambangkan suatu kewibawaan, keteduhan, ketenangan, dan keberanian. Dilihat dari segi motif dan simbol, ada beberapa macam yaitu Paricara Dharma merupakan semboyan Kota Depok yang merupakan amanah semua komponen masyarakat Depok, mengutamakan pengabdian yang baik, benar, dan adil.

Nilai-nilai keutamaan yang diharapkan keberadaannya di kalangan warga Depok, produksi masal batik ini pun akan mendongkrak sektor ekonomi secara signifikan. Meskipun idenya orisinil warga Depok, sayangnya produksinya masih dilakukan di Solo. Alasannya, belum ada lahan untuk membangun tempat kerajinan batik di Kota Depok dan terganjal masalah limbah juga.

Source Batik Depok Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.