infobatik.id

Batik Blitar Motif Lumbu

0 26

Batik Blitar Motif Lumbu

Kabupaten Blitar merupakan salah satu Kabupaten yang ada di  Jawa Timur dan merupakan tempat dimana Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno dimakamkan. Kabupaten Blitar memiliki kekayaan alam serta budaya daerah yang menarik sehingga banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan kain batik. Secara kualitas dan mutu, Batik Blitar tidak kalah dengan batik tulis dari daerah lainnya. Batik Blitar memiliki kekhasan corak tersendiri, yang tidak terlepas dari Makam Bung Karno, Candi Penataran dan sebagainya.

Secara kualitas dan mutu, batik yang dihasilkan oleh masyarakat Blitar secara keseluruhan tidak kalah bagus dengan batik tulis yang berasal dari daerah lain. Batik Blitar sendiri umumnya memiliki kekhasan corak tersendiri yang berbeda satu-sama lain, baik dari segi motif, ragam hias, dan juga warnanya yang disesuaikan dengansumber daya alam dan lingkungan yang ada di daerah tersebut.

Batik yang berasal di Blitar memiliki makna dan harapan yang sangat beragam, tetapi sebagian besar mengandung nasehat untuk berprilaku baik, jujur, tidak sombong, tanggung jawab dan kerja keras dalam bidang apapun. Salah satunya Motif Lumbu yang bermakna sebagai simbol pakaian batik yang mempunyai arti kepemimpinan yang dapat memimpin dimanapun orang itu berada dan dapat bergaul dengan semua kalangan mulai dari masyarakat bawah sampai atas, Motif  Batik Lumbu ini biasanya dipakai oleh seseorang pimpinan perusahaan atau pejabat daerah yang bisa ngasor kepada rakyatnya. Seperti karakter pohon lumbu yang dapat hidup dimanapun tempatnya.

Source Batik Blitar Motif Lumbu Batik Makna

Leave A Reply

Your email address will not be published.