Batik Betawi Motif Salakanagara

0 31

Batik Betawi Motif Salakanagara

Setiap daerah hampir memiliki sekurangnya satu jenis atau Motif Batik, contohnya saja Batik Betawi. Betawi yang merupakan masyarakat asli Jakarta ini menjadi salah satu etnis yang sangat kreatif dan terkenal dengan seni drama atau lenongnya.

Ciri khas dari Batik Betawi yaitu kain sarung dengan menonjolkan Motif Khas Tumpal, yaitu bentuk motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Saat dikenakan, Tumpal harus ada di bagian depan. Motif Burung Hong juga masuk dalam ciri khas batik betawi sebagai perlambang kebahagiaan. Motif Batik Betawi lebih terfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Motif kuno batik betawi terbagi dari beberapa jenis salah satunya adalah Motif Salakanegara.

Motif batik Salakanagara merupakan batik yang mengangkat motif bertemakan kerajaan pertama di tanah Betawi yang didirikan oleh Aki Tirem pada 130 masehi. Nama Salakanegara berkaitan dengan kepercayaan warga saat itu yang menganggap bahwa gunung mempunyai kekuatan dan gunung itu adalah Gunung Salak yang terletak di Kabupaten Bogor.

Keunikan lainnya dari Batik Betawi adalah, warga Betawi, baik kalangan atas maupun bawah menggunakan motif yang sama, yang membedakan adalan pemilihan bahannya. Untuk kalangan atas, umumnya terbuat dari bahan mori halus cap sen. Sedangkan untuk kalangan bawah, terbuat dari mori kasar atau belacu. Batik Betawi menjadi bahan pakaian yang populer di kalangan penduduk Betawi laki-laki pada akhir abad XIX, terutama di wilayah Betawi Tengah. Mereka menggunakan batik sebagai bahan celana seperti orang-orang Belanda. Selain itu, batik Betawi juga digunakan untuk pakaian sehari-hari, untuk keperluan hajatan (pesta) dan plesiran (jalan-jalan).

Source Batik Betawi Motif Salakanagara Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.