Batik Betawi Motif Nusa Kelapa

0 26

Batik Betawi Motif Nusa Kelapa

Keunikan Batik Betawi nampak pada warnanya yang semarak sesuai dengan selera masyarakat Betawi yang meriah. Motif dan corak Batik Betawi tak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi dan banyak dipengaruhi budaya-budaya dari China, Arab, India dan Belanda. Warna-warnanya didominasi warna-warna cerah dengan sedikit corak, seperti biru terang, shocking pink, orange, dan hijau. Pengaruh kebudayaan China muncul melalui warna-warna merah, kuning terang dan ungu muda. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena menggambarkan kesedihan.

Belakangan ini akhirnya Batik Betawi muncul kembali dengan motif-motif yang baru namun tetap dengan ciri khas Betawi. Salah satu Motif Betawi adalah Motif Nusa Kelapa.

Motif Nusa Kelapa memiliki ide desain dari Peta Ceila yang dibuat pada 1482-1521 saat pemerintahan Prabu Siliwangi. Dari peta itu diketahui Jakarta dulu bernama Nusa Kelapa, hingga menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan Jakarta. Nama Nusa Kelapa ini diberikan oleh leluhur masyarakat Betawi yang kini dijadikan salah satu motif Batik Betawi. Selain itu, bagi orang Betawi, daun kelapa merupakan simbol upacara adat Betawi.

Untuk memperoleh Batik Betawi ini bisa langsung menuju Pusat Batik Nusantara di Thamrin City atau di beberapa pusat batik lainnya, seperti Pusat Grosir Cililitan. Di Pusat Batik Nusantara Thamrin City, Batik Betawi bisa ditemukan di gerai-gerai Batik Cirebonan. Yups, beberapa pengrajin Batik Cirebon memang memproduksi batik dengan motif Betawi.

Source Batik Betawi Motif Nusa Kelapa Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.