infobatik.id

Batik Baronggung Tulungagung

0 8

Batik Baronggung Tulungagung

Batik Baronggung yang berkembang di Desa Mojosari, Kauman Tulungagung dan termasuk dalam jenis Batik Kambretan. Tidak banyak informasi tentang Sejarah Batik Baronggung Tulungagung, tetapi ada sumber yang mengatakan bahwa batik Baronggung berdiri pada tanggal 05 juni 1978. Akan tetapi saya tidak yakin hal itu, mengingat Motif Baronggung menjadi motif batik tertua di Tulungagung.

Beberapa varian produk Batik Baronggung yang di kenal masyarakat antara lain Motif Sekar Jagad, Motif Burung Merak, Motif Ombak Banyu, Motif Parisauli dan Motif Bunga Nirwana. Serta terdapat motif dari pengembangan motif khas yang di beri nama Motif Ombak banyu Beras Kutah dan Motif Ombak Banyu Keong.

Dalam menentukan Motif Batik Baronggung juga memberi arti dalam sebuah karya batiknya :

  1. Motif Sekar Jagad bermakna manusia
    di dunia tidak memiliki perbedaan dalam segi golongan,
  2. Motif Burung Merak bermakna keindahan,
    Motif Ombak Banyu bermakna sebuah kehidupan,
  3. Motif Ombak Banyu Beras Kutah bermakna kehidupan yang selalu diberikan rejeki melimpah,
  4. Motif Ombak Banyu Keong bermakna kehidupan yang tidak bisa jauh dari tempat tinggal yang melindungi dari hujan, dingin, dan panas matahari,
  5. Motif Parisauli bermakna kemakmuran,
    dan motif Bunga Nirwana bermakna keindahan surga.

Pemilik usaha Motif Batik Baronggung sudah diteruskan oleh generasi ke dua dari pendirinya, dan untuk omsetnya juga sangat lumayan. Sehingga kelangsungan motif Batik Baronggung bisa bertahan sampai sekarang.

Source Batik Baronggung Tulungagung Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.