Batik Aku Pancasila

0 6

Batik Aku Pancasila

Tidak hanya pengrajin batik asal Kota Pekalongan yang membuat batik edisi Hari Kemerdekaan, tetapi ada perajin batik asal Banyumas, Jawa Tengah bernama Slamet Hadi Priyanto juga ikut memeriahkan suasana 17-an lewat batik karyanya. Slamet merancang batik yang diberi judul “Aku Pancasila. Aku Indonesia”. Slamet merancang empat batik sekaligus dengan menggunakan teknik cap dan tulis.

Batik cap karya Slamet ini didominasi oleh warna merah dan putih, senada dengan warna bendera Indonesia. Sementara untuk batik tulisannya, Slamet membubuhkan motif yang lebih rumit. Ia melukis gambar permainan khas lomba 17 Agustus, seperti balap karung, lari kelereng, dan panjat pinang.

Selain motif yang menggambarkan keceriaan saat perlombaan rakyat itu, Slamet juga menggambar suasana upacara bendera yang biasa digelar tiap tanggal 17 Agustus pada Batik “Aku Pancasila. Aku Indonesia”. Menurut Slamet, tahap paling sulit adalah saat mengisi warna pada gambar manusia di kain batik.

Slamet tidak mematok harga yang terlalu tinggi untuk batik karyanya itu. Untuk batik cap merah putih misalnya, Slamet hanya mematok harga sekitar Rp 50 ribu. Tiga batik tulis lainnya dibanderol antara Rp 400 ribu hingga Rp 2 juta.

Kain batiknya sendiri dibuat dengan bahan kain motif pirisima. Slamet mengaku, timnya membutuhkan waktu hingga 20 hari untuk menyelesaikan batiknya itu. Tiap helai kain batik memiliki ukuran 2,5 meter x 1 meter.

Source Batik Aku Pancasila Batik

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.