infobatik.id

Baru 80 Motif Batik Indramayu yang Dipatenkan

0 6

Baru 80 Motif Batik Indramayu yang Dipatenkan

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar mengatakan ada sekitar 140 Motif Batik Indramayu. Dari jumlah tersebut, baru 80 motif yang dipatenkan. Bachtiar mengatakan, pengajuan hak paten motif batik harus disertai dengan narasi mengenai latar belakang munculnya motif tersebut secara lengkap. Hal inilah yang membuat pematenan motif menjadi lama karena mengumpulkan sejarah motif memerlukan waktu. Bachtiar pun meminta agar para pembatik tidak hanya mengejar pangsa pasar dalam memproduksi batik. Mereka juga diminta memperhatikan kualitas produknya.

Motif Batik Indramayu yang telah dipatenkan di antaranya Motif Kembang Betah yang bermakna pentingnya kesinambungan antara manusia dan alam supaya indah, harmonis dan terjaga. Selain itu, motif kawung yang bermakna keinginan dan usaha yang keras akan membuahkan hasil dan rejeki berlipat ganda. Ada pula Motif Kembang Gunda sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi dan semakin lama subur berkembang.  Batik Indramayu memiliki latar belakang yang istimewa. Batik Indramayu menggambarkan potret kehidupan pesisir laut dan dilakukan oleh para istri nelayan yang ditinggal suaminya melaut.

Selain motifnya Batik Indramayu juga memiliki teknik complongan yang hanya ada di Indramayu. Teknik itu berupa pelubangan kain dengan menggunakan alat menyerupai jarum. Batik Indramayu selama ini kurang promosi. Akibatnya, batik Indramayu jadi kurang dikenal secara luas.

Source Baru 80 Motif Batik Indramayu yang Dipatenkan Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.