infobatik.id

Asal Motif Batik Banten

0 20

Asal Motif Batik Banten

Kesenian yang diciptakan oleh nenek moyang suku Jawa yaitu Batik adalah salah satu seni yang telah menjadi kebanggaan tidak saja masyarakat Jawa tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini motif batik yang dapat di temui tidak saja merupakan motif batik yang murni berasal dari daerah Jawa Tengah saja, tetapi telah ada berbagai macam motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Motif batik yang berasal dari Banten merupakan salah satu seni budaya batik yang membuat motif batik nusantara menjadi tambah beragam. Batik yang ada di wilayah Banten ini merupakan salah satu bentuk dari usaha untuk membuat kesenian dan juga kerajinan yang ada di Banten ini tetap ada dan tetap dikenal oleh masyarakatnya.

Motif batik dibuat oleh para seniman Banten merupakan bentuk dan juga pola yang banyak ditemukan pada berbagai macam gerabah dan juga keramik kuno yang merupakan peninggalan dari zaman keraton Surosuwan. Berbagai benda gerabah dan juga keramik ini merupakan peninggalan sejarah yang ditemukan di situs peninggalan keraton tersebut. Dalam upaya masyarakat Banten untuk menjaga keberadaan berbagai motif peninggalan sejarah tersebut maka motif dan juga pola yang ada pada gerabah dan keramik tersebut kemudian dibuat menjadi motif dan juga pola yang ada pada permukaan kain batik.

Motif batik yang berasal dari Banten saat ini yang cukup dikenal oleh masyarakat ada berjumlah dua belas motif batik. Motif-motif batik tersebut adalah Motif Batik Sabakingking, Motif Batik Mandalikan, Motif Batik Srimanganti, Motif Batik Pasepen, Motif Batik Pejantren, Motif Batik Pasulaman, Motif Batik Kapurban, Motif Batik Kawangsan, Motif Batik Pamaranggen, Motif Batik Surosowan, dan Motif Batik Pancaniti.

Source Asal Motif Batik Banten Batik

Leave A Reply

Your email address will not be published.